Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi perlu bisa memprogram?

Pak, apakah bapak punya judul TA yang tidak perlu memprogram? Pertanyaan seperti ini sudah terlontar ke saya dari mahasiswa Jurusan Sistem Informasi. Saya hanya bisa menjawab sambil tersenyum bahwa saya masih belum punya judul TA seperti itu.

Keputusan Jurusan Sistem Informasi  untuk “memproklamirkan”  bahwa kemampuan memprogram bukan kopetensi utama bagi lulusan Jurusan Sistem Informasi , sering disalah tafsirkan oleh sebagian mahasiswa Jurusan Sistem Informasi menjadi seolah-olah mahasiswa Jurusan Sistem Informasi tidak perlu bisa memprogram. Programming skill bukan kompetensi utama dari lulusan Jurusan Sistem Informasi melainkan kemampuan dasar (basic skill) yang harus dikuasai oleh setiap lulusan Jurusan Sistem Informasi. Adanya standarisasi nasional untuk semua program studi(prodi) yang berbasiskan IT(Information Technology) dengan nomenklatur(penamaan) yang ditetapkan DIKTI (Direktorat Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan Nasional) sebagai prodi dengan nama Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Sistem Komputer (SI, IF, SK), menyebabkan kemampuan memprogram tidak lagi menjadi kompetisi utama melainkan menjadi kemampuan dasar (karena semua prodi tadi memiliki kemampuan ini).

Analogi yang sesuai adalah seperti kemampuan menggambar di Jurusan Arsitektur. Menggambar bukan kompetensi utama di Arsitektur tidak seperti di jurusan Desain Produk, sebagai bukti Jurusan Arsitektur tidak pernah mensyaratkan kemampuan menggambar sebagai syarat masuknya (seperti Jurusan Sistem Informasi yang juga tidak pernah mensyaratkan kemampuan memprogram sebagai syarat masuknya) . Berbeda dengan jurusan Desain Produk yang mensyaratkan kemampuan menggambar sebagai syarat masuknya (karena itu Jurusan Desain Produk melaksanakan tesnya sendiri, terpisah dengan tes SNMPTN yang dilakukan secara nasional). Tetapi apakah ada lulusan Jurusan Arsitektur yang tidak bisa menggambar? Sama seperti, apakah layak kalau ada lulusan Jurusan Sistem Informasi yang tidak bisa memprogram?

Sebagai jurusan yang memiliki visi ke depan dan bertekad untuk go internasional, kemampuan memprogram sudah tidak lagi diletakkan sebagai kompetensi utama. Karena Jurusan Sistem Informasi berharap, lulusannya mampu bersaing secara global sehingga lulusan Jurusan Sistem Informasi harus memiliki kompetensi utama yang menunjang persaingan global ini. Namun kompetensi utama ini menjadi tidak berarti jika basic skill yang harus ada tidak dikuasai (seperti seorang arsitek yang bisa mendesain rumah yang bagus tapi tidak bisa menggambar). Kemampuan memprogram adalah basic skill yang harus dikuasai oleh seorang lulusan prodi yang bebasiskan IT, sebelum menapak ke jenjang kompetensi yang lebih tinggi. Ia merupakan sebuah fondasi utama yang menunjang kompetensi-kompetensi yang ada diatasnya.

Munculnya pertanyaan di paragraf pertama pada artikel ini juga menimbulkan berbagai macam pertanyaan dalam benak saya seperti : “Apakah sudah tidak ada rasa bangga menjadi mahasiswa sebuah program studi berbasiskan IT, sehingga merasa tidak perlu memprogram?”, “Apakah mahasiswa hanya ingin enaknya saja, ingin dapat gelar Sarjana Komputer, tapi tidak ingin memikul konsekuensi dari gelar tersebut?”.

Sebagai penutup, saya ingin mengajak diri saya dan semuanya untuk merenungkan kembali pertanyaan ini: “Apakah pantas, ada seorang Sarjana Komputer tapi tidak bisa memprogram?”. Semoga hasil renungan bisa membimbing kita semua untuk melangkah dengan mantap menuju keberhasilan dan kesuksesan Jurusan Sistem Informasi  yang kita cintai bersama-sama.

*by Dr. Eng. Febriliyan Smopa, S. Kom.,M. Kom.
*penulis adalah seorang dosen di salah satu universitas negeri terkenal di indonesia.
*dikutip dari majalah GENGSI volume 04.NO1.2010 di rubric OPINI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s