Backup Driver dengan Double Driver


Ditulis oleh Gus Adit pada 29 July 2010

CD Driver sangat penting Anda perhatikan jika membeli sebuah komputer, laptop ataupun sebuah hardware (motherboard, VGA, dan lain-lain). Kenapa? Karena sebuah hardware (perangkat keras) komputer akan bekerja dengan baik jika driver-nya terinstall pada system operasi Anda. Bagaimana jika Anda kehilangan CD driver tersebut dan mesti melakukan instalasi ulang Windows? Sedangkan driver yang dibutuhkan tidak tersedia lagi di website produsen. Tentu saja hal ini cukup membuat pusing. Agar hal tersebut tidak terjadi kepada Anda, maka akan lebih baik jika Anda melakukan backup driver secara berkala. Bagaimana cara mem-backup driver secara mudah?

Ada sebuah cara mudah untuk mem-backup driver-driver di Windows, yaitu dengan menggunakan bantuan sebuah software backup. Salah satu backup software yang bagus Anda gunakan untuk mem-backup driver adalah Double Driver. Double driver adalah software backup yang sederhana dan cukup mudah digunakan. Anda bisa membackup atau merestore driver-driver yang terinstall di Windows secara mudah. Software backup satu ini bisa Anda guankan di Windows XP, Vista maupun Windows 7 serta merupakan software portable atau tidak membutuhkan proses install untuk menggunakannya.

Selain membackup atau merestore driver, Double Driver juga bisa Anda gunakan untuk melihat driver yang terinstall, menyimpan daftar driver yang terinstall ke dalam file teks (.txt), dan mencetak daftar driver tadi ke printer.

Dengan Double Driver, Anda juga bisa membackup diver Windows partisi lain. Misalnya, Anda menggunakan 2 versi Windows, yaitu Windows 7 dan Windows XP. Ketika Anda menjalankan Double Driver di Windows XP, Anda bisa membackup driver Windows 7 Anda langsung dari XP.

Disamping itu, Anda juga bisa memilih jenis file backup yang dihasilkan yaitu, file backup dengan folder yang terstruktur, atau menjadi satu file terkompresi (.zip) ataupun berupa file executable (.exe).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s