Gaji Seorang IT

Nah ini yang ditunggu-tunggu….lulus S1…..kerja jadi staff IT….gaji gede……….

Artikel kali bukan ngomongin ada lowongan…tapi sekedar share tentang kisaran gaji seorang IT. Tujuannya adalah biar temen-temen tuh pada semangat belajarnya.

Untuk list nya bisa di download pada link berikut :

Daftar Gaji

Namun, yang perlu dipertimbangkan juga adalah …..

Ada 3 hal yang membuat gaji staf IT bervariasi:

1. model bisnis perusahaan
Ambil contoh : teman IT yang bekerja di perbankan atau telekomunikasi berpeluang untuk digaji lebih besar dibandingkan teman IT yang bekerja di sektor pariwisata. Why? Logikanya : semakin banyak IT dilibatkan dalam proses inti bisnis => IT dianggap strategis/penting => gaji berpeluang makin besar. Bayangkan industri perbankan tanpa IT, kebayang aja nggak tuh. Tidak heran jika rata-rata gaji staf IT di industri ini relatif besar.

Ehem…, saya tidak bilang bahwa temen IT di bisnis tertentu memang “ditakdirkan” tidak dianggap penting lho. Proses inti bisnis tiap perusahan berbeda-beda, jadi peran strategis IT pun bervariasi. So, saya yakin selalu ada celah buat IT berkontribusi pada aspek apa pun yang dianggap strategis dalam suatu perusahaan. Ga percaya, ……………….

2. fase pertumbuhan perusahaan
Bisnis itu tumbuh dan berkembang bak manusia. Perubahan fase pertumbuhan ini memaksa perusahaan mengubah-ubah strategi bisnis. Di masa awal pertumbuhan, bisa jadi perusahaan fokus pada menjual dan mendapat pelanggan sebanyak-banyaknya. Di masa pertumbuhan, perusahaan mulai bereksperiman dengan produk/layanan baru. Setelah dewasa, perusahaan bekerja keras supaya pelanggan loyal dan tetap eksis di kancah bisnis. Sebelum mati, perusahaan sibuk melakukan penghematan di berbagai lini…hehe

Intinya : jika aktivitas IT sejalan dengan/mendukung kesuksesan strategi bisnis perusahaan, besar kemungkinan para stafnya diganjar dengan gaji yang aduhai. Apalagi jika strategi bisnis tersebut tidak mungkin berhasil jika tidak pake IT.

Contoh : ada perusahaan penerbangan komersial yang ingin memangkas biaya produksi (supaya harga tiket murah) dengan memperbaiki pengaturan jadwal penerbangan dan penugasan kru. Jumlah pesawat lebih dari 100, spesifikasi pesawat macem2, kru hampir 1000, jumlah rute yang dijual lebih dari 200. Kombinasi jadwal/penugasan yang mungkin bisa ribuan atau bahkan lebih. Dikerjakan manual, staf yang terlatih pun butuh waktu 10 hari. Jika menggunakan software scheduling, selesai dalam hitungan jam. Belum lagi software itu bisa memilihkan 1 dari ribuan jadwal yang menghemat paling banyak. Jika software itu buatan staf IT, bisa dibayangkan betapa perusahaan akan memanjakannya. Jika pun staf IT hanya bisa menggunakan software buatan vendor, bukan membuat, rasanya tetap berpeluang dapat gaji besar. Cek aja gaji teman IT yang bisa menggunakan SAP..hehe

3. tingkat supply tenaga ahli IT
Ini mah teori ekonomi umum: makin banyak supply tenaga IT terampil, dengan demand yang tetap, pasaran gaji bakal turun. Tapi jangan khawatir, rasanya dunia bisnis selalu kekurangan supply staf IT…hehe

Perlu dicatat, 3 faktor di atas terlepas dari kualitas individu(keahlian, pengalaman, potensi, tingkat pendidikan etc), which is SELALU BERPRENGARUH terhadap besaran gaji.

Jadi, temen-temen mau gaji berapa nih….? tinggal ngomong aja….tapi jangan lupa….BELAJAR!!!

Yakub

Dari berbagai sumber.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s