Kiat sukses di dunia TI

Bidang teknologi informasi (TI) merupakan salah satu sektor yang menjanjikan masa depan, tidak terkecuali bagi sumber daya manusia (SDM) TI. Sayangnya, SDM TI yang tersedia selama ini,  seringkali kurang nyambung dengan pasar kerja.

Mengapa hal itu terjadi? Karena sebagian besar lulusan SDM TI belum memiliki keahlian spesifik.

Pengalaman beberapa perusahaan yang melakukan wawancara dengan para pelamar kerja di bidang TI, pertanyaan mengenai keahlian spesifik ini kerapkali sulit dijawab oleh pelamar kerja. Mereka umumnya hanya memiliki keahlian yang sifatnya general, tidak spesifik. Padahal pasar dunia kerja saat ini membutuhkan SDM TI yang memiliki keahlian spesifik.

Kenyataan ini memang patut menjadi bahan renungan bagi universitas/sekolah tinggi atau lembaga pendidikan lain yang memiliki jurusan TI, untuk menata ulang kurikulum pendidikannya agar output-nya nyambung dengan pasar dunia kerja.

Tetapi bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan, jangan sampai surut semangat. Ada beberapa kiat sukses agar Anda menjadi incaran para pencari tenaga kerja SDM TI.

Pertama – Pahami diri anda dahulu. Pahami kekuatan dan kelemahan. Kita mulai dari aset berharga kita yakni otak. Dari SD hingga saat ini, secara cepat kita bisa tentukan kita termasuk yang mana

a. Otak kiri kuat.
Pasti anda? orang yang memiliki kemampuan analisa yang kuat, pemikiran anda berdasarkan logika yang cepat, memiliki kemampuan bahasa yang baik dan menyukai ilmu eksak & matematika. Bidang skill ataupun pekerjaan yang cocok untuk kualifikasi ini yakni programmer, network engineer, DBA, sys admin, teknisi, IT Translator, system analyst.

b. Otak kanan kuat.
Anda memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi, berpola pikir holistik, penuh instuisi, kreatif dan menyenangi seni dan music. Maka bidang pekerjaan yang cocok untuk anda adalah web design, video specialist, audio specialist, design graphic.

c. Otak kanan dan kiri kuat.
Biasanya orang seperti ini akan menjadi pemimpin sebuah project ataupun menjadi pengusaha, sehingga bidang pekerjaan yang cocok untuk kategori ini adalah web analistycs, project leader, konsultan TI, web director, system analyst.

d. Otak kanan dan kiri pas-pasan.
Nah kalau anda masuk kategori ini, maka bersyukurlah karena biasanya yang cukup sukses model ini. Saran saya adalah coba tekuni diri anda sebagai marketing bidang TI ataupun sales engineer. Bagian inilah yang paling banyak mendatangkan kapital atau uang.
Sebenarnya cukup satu langkah di atas ini dipahami, anda sudah masuk ke jalur yang benar. Langkah lanjutnya adalah masalah teknis yang harus dilewati dan dijalani, jangan dilangkahi.

Kedua-Miliki alatnya. Tentu saja paling tidak anda harus memiliki komputer atau laptop sehingga berangkat dari sana, anda mulai latihan demi latihan.
Sekarang ini harga komputer makin terjangkau, sehingga rasanya anda tidak akan sulit mendapatkannya untuk digunakan kapan saja. Kalaupun di kantor, tidak banyak kantor yang membolehkan komputer diujicoba oleh karyawannya. Model pembiayaan mencicil juga bisa jadi pilihan, tetapi bijaklah memilih tempat pembiayaan.

Ketiga-Lakukan latihan dengan software. Jadikan software sebagai alat bantu untuk mengantarkan anda mencapai tujuan. Pada tahap ini persiapkan waktu 1-2 jam setiap hari untuk berlatih software atau aplikasi yang anda inginkan. Setelah dalam waktu tiga bulan secara terus menerus dan setiap hari anda belajar, evaluasi skill anda seperti apa?

Keempat-Berani menerima job. Setelah melalui serangkaian latihan, maka mulailah beranikan menerima proyek atau job baik secara parttime, magang ataupun full time. Hanya dengan cara begitu, skill anda akan teruji dan terasah, lakukan seterusnya seperti itu hingga anda menjadi sangat terlatih.

Kelima-Yang terakhir, adalah berdoa, jangan mengandalkan diri sendiri, bermohon kepada Yang Maha Kuasa untuk selalu diberikan hikmah dan pengetahuan.

Selamat mencoba, sukses selalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s