Kenapa kita harus kuliah?

Mengapa kita harus kuliah ???
Inti dari pertanyaan ini adalah masalah apa yang melatar belakangi orang butuh kuliah, seberapakah nilai orang berkuliah dan bagaimana efeknya bagi kita jika kita kuliah ?
Proposisi 1: Apa masalahnya ?
Manusia membutuhkan penghidupan yang layak dalam hidupnya. Masalahnya adalah banyak orang yang tidak bisa hidup layak, penyebabnya adalah hal yang mendasar, yaitu tidak bisa memecahkan masalah kehidupannya dengan berdasarkan pada kemampuan keilmuannya. Maka setiap orang sangatlah bermasalah bila dia tidak punya ilmu, tidak sekolah atau katakanlah tidak ahli dalam berfikir pemecahan kehidupan. Orang miskin, pengangguran, kriminal, semua itu disebabkan karena dia tak bisa berfikir lagi gimana caranya agar keluar dari susahnya hidup ini. Perlu disadari bahwa hidup ini adalah penuh dengan masalah. Sehingga manusia adalah seorang pejuang, yang tertuntut untuk terus berfikir dan berjuang menghadapi masalah kehidupan.
Proposisi 2: Apa nilai dari berkuliah ?
Kuliah memberikan manusia untuk memiliki keahlian mendefinisikan masalah, merumuskan masalah, mencermati masalah, mencari data pemecahan masalah, analisa pemecahan masalah dan mendapatkan kesimpulan pemecahan masalah yang tepat sesuai dengan hukum kehidupan.
Dari pendekatan isi kuliah yang seperti itu, maka kuliah akan memberikan setiap orang yang menjalaninya sebuah kelebihan ilmu pengetahuan, yang jika dibandingkan dengan orang lainnya, maka dia akan terlihat lebih menonjol.
Selain kuliah dapat menciptakan tenaga ahli berfikir pemecahan masalah, kuliah juga memiliki nilai sebagai alat untuk mencapai kesuksesan karir. Jangan bilang karirnya hanya sebagai tukang becak atau karyawan saja ya…tapi karir itu adalah pekerjaan yang dilakukan seumur hidupnya dan disitulah orang itu meletakkan kebahagiaan sepenuhnya dalam sisa hidupnya. Semakin tinggi karir/cita-cita/impian seseorang, maka semakin tinggi pula usaha, pengorbanan bahkan masalah yang harus dijalani. Dan hanyalah orang yang kuliah yang sanggup menghadapi hal itu semua.
Proposisi 3: Apa efeknya berkuliah ?
Efek pribadi –> menimbulkan investasi kebahagiaan dalam hidup, seperti mudah mencari pekerjaan yang levelnya tinggi, atau mudah menciptakan pekerjaan baru yang levelnya tinggi pula. Dari adanya kemampuannya dari berkuliah, mereka mendapatkan materi (uang) yang dengan kelebihan itu, manusia mampu memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya. bahagian kan…???
Efek sosial –> menularkan semangat dan minat orang lain untuk mencontoh orang yang berkuliah. Secara sosial, hal ini akan menimbulkan peningkatan kualitas masyarakat dalam berfikir menghadapi masalah hidup. Semakin banyak orang yang kuliah, maka semakin banyak pula orang yang berilmu di masyarakat, dan semakin banyak pula masyarakat yang terdidik maju dari adanya orang berilmu yang bekerja menyelesaikan masalah masyarakat tersebut. Sungguh sangat indah hidup ini bila ada banyak orang yang berkuliah.

Tentunya kuliahnya adalah benar-benar yang berkuliah, yaitu kuliah yang penjurusannya sesuai dengan minat dan bakat orang itu, sehingga ketika berkuliah tidak menimbulkan kebosanan dalam mengerjakan tugas2nya, tapi malah memiliki tingkat kesenangan dan keasyikan yang luar biasa.

Artikel ini saya posting sebagai jawaban atas kebimbangan seorang teman saya untuk memutuskan kuliah.
Diambil dari berbagai sumber.
Yakub

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s