Tipe-tipe Mahasiswa

Sekedar informasi, mahasiswa bisa dibedakan menjadi beberapa kelas…

Setidaknya ada 4 tipe dalam kalangan mahasiswa…. Yang pertama adalah tipe mahasiswa anak dosen….. Mahasiswa dalam tipe ini biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut… Mereka selalu hadir 100% dalam perkuliahan, bahkan mendahului sebelum dosen datang…. Mahasiswa tipe ini memiliki catatan paling lengkap dan biasanya diburu teman-temannya pada saat menjelang ujian… Biasanya mereka menguasai kursi-kursi bagian depan pada saat kuliah… Mereka tidak pernah mengenal istilah seperti membuat krepekan, bolos maupun titip absen. Nilai mereka selalu berkisar antara A sampai B… Biasanya mereka nyambi menjadi asisten dosen. Setelah mereka lulus pun biasanya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan kemudian mengabdikan diri kembali di kampus dengan menjadi dosen atau guru.

Tipe kedua disebut dengan tipe mahasiswa organisatoris…. Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa yang senang dengan hal-hal berkaitan dengan birokrasi dan organisasi… Biasanya anda akan mendengar kata-kata LPJ, raker, fungsionaris, proposal ketika berdekatan dengan mahasiswa tipe ini… Dalam hal kuliah, mereka tidak selalu hadir 100% meskipun mereka tetap memberikan prioritas pada kuliah mereka…. Selain itu, mahasiswa tipe ini juga dikenal (hyper) aktif atau lantang dalam bersuara… Tak jarang jika mereka sering terlibat dalam aksi massa atau demonstrasi, meskipun mereka sendiri kadang nggak ngerti apa yang mereka demonstrasikan… Banyak dari anggota klan ini yang kemudian menjadi birokrat atau politisi…….

Yang ketiga adalah tipe mahasiswa Money Train….. Mahasiswa anggota tipe ini adalah tipikal mahasiswa yang seneng ngobyek… Obyekannya pun macam-macam.. Ada yang nyambi jaga wartel, jadi operator warnet, jualan, jadi penulis, dan semacamnya… Mata mereka memang nggak berwarna hijau, tapi mereka mulai memandang penting arti dari sebuah uang….. Bahkan mereka seringkali mengabaikan kuliah mereka demi mendapatkan segepok duit…. Wajar kalau mahasiswa golongan ini sering absen dalam kuliah… Tapi begitu lulus, mereka inilah klan yang paling siap dalam bertarung. …Tak jarang bila anggota klan ini nantinya menjadi eksekutif top atau pengusaha yang sukses…..

Terakhir adalah kelas yang disebut tipe mahasiswa kongkow. Mahasiswa yang tergabung dalam klan ini boleh dibilang mahasiswa yang extrovert, gaul, funky abis, dan aware terhadap hal-hal terkini, seperti lagu terbaru, tren fashion, gosip artis, sampai gosip terbaru di kampus. Mereka ini sering stand by di kampus, walaupun bukan untuk melakukan kegiatan-kegiatan akademis. Selain di kampus, mereka sering terlihat di mall, pusat perbelanjaan, warung makan, kafe, bioskop, atau tempat billiard. Tipe mahasiswa ini sebagian adalah mereka yang nggak lulus-lulus kuliahnya alias mahasiswa abadi hehe…

Kira-kira Anda masuk kategori mana?

One response to “Tipe-tipe Mahasiswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s